back to top

Jumat, 14 Desember 2012

MOS (Masa Orientasi Siswa)

Posted by Unknown On 00.10 | No comments
Salam pembaca dalam edisi kali ini kita akan bicara soal Masa Orientasi Siswa atau yang biasa di sebut dengan MOS. Seperti yang kita ketahui bahwa kegiatan MOS  sudah bagaikan tradisi di setiap sekolah dan rutin di lakukan pada setiap sekolah setelah penerimaan siswa baru. Kali ini kita akan membicarakan kegiatan MOS yang dilaksanakan pada penerimaan siswa baru MAN RENGEL kemarin.
Perlu diketahui bahwasanya MAN RENGEL Sekolah tercinta kita ini sudah mulai bersaing dan takmaukalah dengan sekolah umum lainnya, ini terbukti dengan quota penerimaan siswa yang bertambah dari tahunlalu yang hanya 9 kelas menjadi 10 kelas, dengan 3 kelas full day dan 7 kelas regular. Jadi dengan adanya penambahan quota tersebut maka MOS kemarin menjadi kegiatan MOS terbesar sepanjang MAN RENGEL berdiri.
MOS tahun ini pun juga telah dipersiapka ndengan matang oleh OSIS MAN RENGEL. Sosialisasi tentang kostum MOS dilakukan 2 kali yaitu 2 hari sebelumnya dan sehari sebelumnya. Pelaksanaan MOS dilakukan selama 3 hari, hari pertama yakni pengenalan madrasah melalui materi yang diberikan bapak/ibu guru, hari kedua pengenalan OSIS dan materi dasar dari bapak ibu guru. Dan hari 3 pelaksanaan pentasseni dan tespenempatan kelas.
Memang kelihatannya tidak ada yang berbedadari MOS tahun lalu tapi perlu kalian ketahui karna MOS tersebut dilakukan tepat setelah EURO 2012 selesai jadi tema dari kostum para peserta melambangkan Negara-negarae ropa yang masuk kualifikasi euro. Sepertihalnya contoh gugus b Negara inggris.
Banyak gugus yang disiapkan oleh OSIS dalam kegiatan ini adalah 10 gugus, setiap gugusnya didampingi oleh 2 orang anggota OSIS. Mereka jugabertugas mengisi acara dalam senggang waktu antara acara yang lain, diantaranya mengisi dengan ice breaking, membuat yel-yel Yang nantinya akan ditampilkan saat akan keluar dari ruang gugusnya masing-masing. Selain itu dengan adanya yel-yel kita bias melihat sejauh mana kekompakan mereka.
Hari pertama, parasiswa dikenalka berbagai hal yang menyangkut madrasah aliyah negeri oleh para bapak dan ibu guru yang telah diminta sebagai guru pembimbing dalam MOS. Para peserta juga diajak berkeliling madrasah untuk melihat keadaan madrasah. Tujuan kegiatan ini adalah mengenalkan pada peserta bagaimana madrasah aliyah negeri rengel baik dari segi visi dan misi serta keadaan madrasah yang nyata.
Hari kedua, para peserta diberi beberapa materi sebagai pembinaan kurikulum oleh bapak dan ibu guru madrasah sebagai pengenalan mata pelajaran yang ada di madrasah aliyah negeri rengel. Tidak hanya itu para peserta juga dikenalkan dengan struktur kepengurusan OSIS masa jabatan 2011-2012. Baik dari misi dan program kerja mereka. Tujuannya adalah mengenalkan organisasi yang ada di madrasah sertamengenalkan kurikulum madrasah aliyah negeri rengel kepada paracalon-calon siswa baru.
Dan akhirnya hari terakhir, hari dimana pentasseni antar gugus dilaksanakan di sini para peserta yang di tunjuk oleh masing-masing gugusnya menunjukkan kebolehannya dalam bernyanyi. Di acara inilah kita bias melihat keceriaan dan kegembiraan para peserta.  Setelah acara tersebut selesai parapeserta dikumpulkan dimasing-masing gugusnya untuk mengikut ites penempatan kelas disini hasil dari kilas balik para guru di hari kedua harus di gunakan oleh para peserta dalam mengerjakan soal yang telah dibuat oleh bapak dan ibu guru.
Namun tujuan yang terpenting dari semua kegiatan diatas adalah
1.        Menumbuhkembang kanjiwa patriotism terhadap sekolah sebagai wujud nyata mempersiapkan siswa berprestasi dan aktif dalam kegiatan ekstrakulikuler.
2.        Memberikan wawasan terhadap siswa baru sebagai wahana pengembangan diri, menjadi siswa yang cakap, tanggap, dan patuhterhadap tatatertib sekolah.
3.        Memberikan bekal pengenalan kegiatan intrakulikuler di MAN RENGEL dan evaluasi dari seluruh kegiatan yang ada di Sekolah Tingkat Pertama sebelumnya.
4.        Memberikan pembiasaan terhadap kedisiplinan tatatertib sekolah.

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya