back to top

Jumat, 14 Desember 2012

           Generasi muda harus bisa membawa perubahan untuk memajukan Indonesia menjadi lebih baik dalam sepuluh tahun ke depan. Untuk itu, pemuda harus memiliki cita-cita dan tujuan sejak dini sehingga bisa membawa perubahan besar  yang positif bagi Indonesia dalam kurun waktu tersebut.
            Generasi muda Indonesia yang baik  pasti berpikir bahwa hidupnya harus bermanfaat bagi orang lain, meskipun faktanya setiap orang berbeda. Karena itu memaknai perbedaan secara positif adalah syarat bagi setiap orang untuk menyumbangkan sesuatu kepada masyarakat sekitarnya. Kami yakin tidak ada yang tidak mungkin dilakukan oleh seorang manusia.
Yang dibutuhkan lagi-lagi hanya seonggok, segepok, segumpal keyakinan dan kemauan. Dan kami yakin semua pasti sudah pernah mendengar kalimat tersebut sebelumnya dalam beragam percakapan, dalam beragam artikel, dalam beragam hal.
Masalahnya sekarang seberapa besar keyakinan dan kemauan kita untuk berubah??
Kalau keyakinan dan kemauan itu cukup besar, rasanya tidak ada yang tidak mungkin. Kami tidak percaya dengan kalimat tadi, ‘Ya sudah karakter. Mana bisa berubah lagi’. Menurut kami itu adalah sebuah alasan yang dangkal sekali.
Karakter pemarah, karakter pemalas, karakter tukang ngaret, karakter defensif, karakter pembohong, karakter pembual, karakter egois, karakter kompulsif, karakter penakut, karakter depresif, karakter manipulatif dan beribu-ribu karakter lainnya SEMUA BISA BERUBAH. Kami berani mempertanggung jawabkan untuk kalimat kami tersebut : semua karakter BISA BERUBAH.
Pertanyaannya ‘hanya’lah, mau tidak pemuda – pemuda masa kini itu untuk berubah? Kalau sudah mau berubah, pertanyaan selanjutnya (dan yang paling penting) mau tidak mereka berjuang untuk berubah????Perubahan bukan hal yang mudah dan dapat dicapai dalam waktu satu malam”.
Kami pun tidak pernah bilang itu akan menjadi hal yang mudah serta cepat dicapai seperti orang makan cabai lalu langsung pedas. Perubahan itu mungkin perlu dilakukan dengan usaha yang maha gigih sedikit demi sedikit, selangkah demi selangkah, setakar demi setakar.
“Change has a considerable psychological impact on the human mind. To the fearful it is threatening because it means that things may get worse. To the hopeful it is encouraging because things may get better. To the confident it is inspiring because the challenge exists to make things better”.
Perubahan memiliki efek psikologis yang sangat besar kepada pikiran manusia. Untuk mereka yang takut akannya (takut akan perubahan), perubahan tersebut terasa menjadi ancaman karena dengan perubahan ada kemungkinan segala hal menjadi lebih buruk lagi. Tetapi bagi mereka yang berani dan percaya diri, adanya suatu perubahan justru menyenangkan dan memberi inspirasi karena di situ ada kesempatan untuk membuat segala sesuatu lebih baik lagi dari yang sekarang. ~  K ing Whitney Jr.  ~
Perubahan, percaya atau tidak, adalah salah satu aturan dalam hidup ini, ia merupakan komponen paling penting dalam hidup bila kita ingin Mencapai Tujuan dan Kesuksesan.
It is not the strongest of the species that survive, nor the most intelligent, but the one most responsive to change.
Spesies yang akan bisa bertahan dalam kehidupan ini bukanlah spesies yang paling kuat, bukan pula yang paling cerdas, tetapi yang paling bisa beradaptasi terhadap perubahanlah yang bakal bertahan. ~  C harles Darwin
Berubahlah untuk dirimu sendiri sebelum orang lain merubah diri kamu !

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya