back to top

Jumat, 14 Desember 2012

Manasik Haji

Posted by Unknown On 01.05 | No comments
Kita sebagai umat islam, tentunya mempunyai yang namanya rukun islam. Yaitu syahadat, sholat, zakat, puasa, dan haji bagi yang mampu.
Bicara tentang rukun islam yang ke – 5  pada tanggal 27 oktober 2012 sekolah kita tercinta MAN Rengel dan segenap sekolah sekitar lainya yaitu MTs.N Rengel dan MIN Rengel mengadakan kegiatan rutin tahunan yakni, pelaksanaan manasik haji guna memperkenalkan kepada para siswa bgaimana tata cara umrah yang baik dan benar.
Di mulai tepat pukul 07.00 yang di awali darilapangan bahagia, dengan semangat 45 para peserta mengumandangkan kalimat “ labaikallah humma labbaik labaikalaa syari kalakalabbaik inalhamda wannikmata lakawalmus lasyarikalah” yang kemudian berjalan menuju halaman barat MAN Rengel. Guna mengitari ka’bah, dan kemudian di akhiri di sendang beron dan perpisahan di lapangan barat MAN Rengel.
Siswa /siswi MAN Rengel, kelas X-1 sampai X-10 secara keseluruhan mengikuti kegiatan ini, meski terlihat banyak yang kelelahan namun tetap tak mengurangi semangat mereka.
Sedangkan siswa kelas XI baik IPA maupun IPS di wajibkan untuk menjadi juri vote lock dalam kegiatan ini dan sudah di sediakan pos-pos dimana mereka akan menilainya. Dan dari hasil penilaian tersebut dapat di temukan jawara- jawara dari tiap kelas.
Yang menjadi jawara pertama adalah teman-teman kita dari kelas X-1. Ini membuktikan bahwa hasil usaha mereka tidaklah sia-sia, karna selama perjalanan kelas inilah yang terlihat paling semangat dan paling rapi, bahkan jika dilihat mereka seperti rombongan haji. Lalu sebagai juara kedua kelas X-4 tampaknya juga tak mau kalah dari kelas X-1 karna mereka juga begitu semangat bahkan merupakan salah satu kelas yang mengumandangkan kalimat thoyyibah terbaik.
Lalu sebagi juara ketiga berhasil direbut oleh tetangga dari kelas X-1 yaitu kelas X-2. Perlu kalian ketahui  seorang yang akan menunaikan ibadah haji mereka harus memenuhi beberapa syarat diantaranya:
1.    Islam
2.    Berakal
3.    Baligh
4.    MerdekaMampu

Selain itu juga harus memenuhi rukun haji diantaranya adalah :

B. Rukun Haji
            Yang dimaksud rukun haji adalah kegiatan yang harus dilakukan dalam ibadah haji, dan jika tidak dikerjakan hajinya tidak sah. Adapun rukun haji adalah sebagai berikut :

1. Ihram
Ihram, yaitu pernyataan mulai mengerjakan ibadah haji atau umroh dengan memakai pakaian ihram disertai niat haji atau umroh di miqat.

2. Wukuf
Wukuf di Arafah, yaitu berdiam diri, dzikir dan berdo'a di Arafah pada tanggal 9 Zulhijah.

3. Tawaf Ifadah
Tawaf Ifadah, yaitu mengelilingi Ka'bah sebanyak 7 kali, dilakukan sesudah melontar jumrah Aqabah pada tanggal 10 Zulhijah.

4. Sa'i
Sa'i, yaitu berjalan atau berlari-lari kecil antara Shafa dan Marwah sebanyak 7 Kali, dilakukan sesudah Tawaf Ifadah.

5. Tahallul
Tahallul, yaitu bercukur atau menggunting rambut setelah melaksanakan Sa'i.

6. Tertib
Tertib, yaitu mengerjakan kegiatan sesuai dengan urutan dan tidak ada yang tertinggal.

Dan yang terakhir adalah wajib hajinya :
Niat Ihram, untuk haji atau umrah dari Miqat Makani, dilakukan setelah berpakaian ihram.

 Mabit (bermalam) di Muzdalifah, pada tanggal 9 Zulhijah (dalam perjalanan dari Arafah ke Mina).

 Melontar Jumrah Aqabah, pada tanggal 10 Zulhijah yaitu dengan cara melontarkan tujuh butir kerikil berturut-turut dengan mengangkat tangan pada setiap melempar kerikil sambil berucap, “Allahu Akbar, Allahummaj ‘alhu hajjan mabruran wa zanban magfura(n)”. Setiap kerikil harus mengenai ke dalam jumrah jurang besar tempat jumrah.

Mabit di Mina, pada hari Tasyrik (tanggal 11, 12 dan 13 Zulhijah). 
Melontar Jumrah Ula, Wustha dan Aqabah, pada hari Tasyrik (tanggal 11, 12 dan 13 Zulhijah).

Tawaf Wada', yaitu melakukan tawaf perpisahan sebelum meninggalkan kota Mekah.

Meninggalkan perbuatan yang dilarang saat ihram.

seperti yang telah ditentukan oleh juri vote lock dan juri dari bapak/ibu guru kelas-kelas inilah yang dianggap paling memenuhi syarat dalam melaksanakan haji.  Dari keseluruhan jalannya kegiatan ini para siswa mengikuti semua hal yang telah diajarkan sebelumnya di dalam kelas dalam pelajaran fikih selainitu kegiatan ini merupakan nilai praktek siswa dalam mata pelajaran fikih.

Kegiatan ini kan terus dilaksanakan oleh MAN rengel karna ini adalah merupakan acara rutin yang selalu dilaksanakan setiap tahunnya. Dengan di adakannya kegiatan ini, siswa telah mendapat ilmu tentang tata cara melakukan haji, sehingga mereka dapat melaksanakan ibadah haji suatu hari nanti dengan tata cara yang benar.

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya